Manfaat dan Khasiat Bunga Teratai untuk Kesehatan

infopriangan.com, BERITA CIAMIS.  Bunga teratai adalah jenis bunga yang ada di bagian atas permukaan air. Bunga teratai berasal dari suku Nymphaeaceac sehingga memiliki nama latin “nymphacea”. Sabtu, (31/10/20).

Di Indonesia sendiri banyak di jumpai dan umumnya di gunakan, menyebut tanaman dari genus nelumbo atau lotus.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Bunga teratei juga termasuk kedalam jenis tanaman yang tumbuh dengan baik di permukaan air tenang.

Bunga Teratai

Bunga juga daun teratai ini ada di permukaan air, keluar dari tangkai asalnya dari rizoma yang ada di dalam lumpur tepatnya di bagian dasar kolam, sungai, maupun rawa-rawa.

Selain itu bunga yang ada di bagian tangkai teratai ini merupan perpanjangan dari rimpang, dan bunga teratai yang tumbuh di daerah tropis biasanya berasal dari Mesir.

Adanya kandungan zat yang Variatip di dalam bunga, membuat jenis bunga ini bisa di klaim ampuh obati berbagai macam penyakit juga gangguan kesehatan.

Adapun beberapa khasiat dari bunga teratai diantaranya :

Manfaat terbaik bunga teratai bisa atasi batuk darah yang di derita. Adanya kandungan asam Nikotinat yang ada di dalam tubuh, tumbuhan satu ini sangat bermanpfaat sekali untuk hentikan muntah darah.

Cara pengobatanya pun cukup sedergana Rimpang teratai di cuci bersih lalu di juice sampai terkumpul 1 gelas ukuran 200 cc. Minum, lakukan selama 3-4 hari berturut-turut secara teratur.

Obati diare disertai muntah muntah,

Pada saat diare dan muntah muntah, biasanya ada banyak orang yang kehilangan cairan didalam tubuhnya dalam jumlah banyak, untuk menggantikan cairan tubuh yang telah hilang.

Anda bisa memanfaat kan air juice rimpang bunga teratai, kandungan mineral yang ada di dalamnya teryata sangat berguna sekali untuk menambah cairan tubuh yang hilang.

Berikut adalah pengolahanya, 50 g rimpang teratai dan 15 g jahe di cuci lalu di juice atau di parut, ambil airnya. Minum, sehari 3 kali.

Obati disentri

Tidak jauh berbeda dengan diare, seseorang yang terkena disentri ini biasanya alami kekurangan cairan, sehingga cairan dalam tubuhnya harus di ganti.

Adapun pengolahanya 50 g rimpang teratai dan 10 g jahe diparut atau di juice. Air perasanya ditambah 100 cc air, lalu di panaskan sampai mendidih, setelah dingin tambahkan 1 sendok makan madu, di aduk lalu di minum.

Menormalkan tekanan darah

Penting sekali bagi anda para penderita hipertensi untuk segera menurunkan tekanan darah tingginya. Tujuan dari hal ini adalah agar tidak terkena penyakit Komplikasi, manpaat bunga teratai teryata bisa juga menurunkan tekanan darah tinggi.

Caranya cukup mudah 10 g biji teratai dan 15 g tunas biji teratai (lien sim), di rebus dengan air 350 cc air sampai tersisa 200 cc. Minum setiap hari seperti teh.

Tidak hanya berguna sebagai ramuan obat herbal, teryata bunga tertai ini juga sangat bermanpaat untuk menunjang kesehatan tubuh yang lainya.

Diantaranya, pembentukan sel darah merah, menyehatkan mata, untuk diet, membentuk gigi kuat dan lancarkan pencernaan (A Saripudin/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan