Kepengurusan Bumdes Desa Ratawangi Dibekukan

infopriangan.com, BERITA CIAMIS. BUMDES Desa Ratawangi, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kini dibekukan. Pembekuan dilakukan karena diduga sistim keuangan BUMDes yang carut marut.

Pembekuan tersebut didasari dengan adanya kesepakatan bersama antara pihak Inspektorat Kabupaten Ciamis, unsur BPD, Pemerintah Desa Ratawangi. Kesepakatan itu pula dihadiri pengurus Bumdes lama.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Kepala Desa Ratawangi Ahmad Hidayat, mengatakan pihaknya sudah berupaya menyelesaikan permasalahan tersebut dalam musyawarah desa, namun pihak dari kepengurusan BUMDes tidak koperatif, sehingga pihaknya meminta Inspektorat Ciamis untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Beberapa hari yang lalu, kami di sambangi Inspektorat Ciamis, malahan Irban dan auditor yang datang. Hasil dari pertemuan itu kami sepakat untuk membubarkan dan membekukan kepengurusan bumdes. Namun untuk berita acara nanti, Karena kami menunggu dari Inspektorat,” jelasnya.

Ahmad juga menjelaskan, ada beberapa point yang di hasilkan dalam petemuan dengan Inspektorat tersebut. Diantaranya Kepala Desa dan BPD akan membentuk panitia pengembalian aset serta modal uang bumdes. “Pembentukan pengurus bumdes baru per 1 November, sesuai dengan massa bakti bumdes berakhir,” ungkapnya.

Sampai saat ini pihaknya selaku komisaris baru menerima beberapa aset milik bumdes berupa barang, serta uang tunai yang di duga telah di gunakan oleh salah seorang pengurus bumdes. Ditambah dengan pengembalian modal yang pernah di gunakan masyarakat.

“Aset bumdes yang saat ini sudah kami amankan yaitu satu laptop, satu unit motor, uang tunai 28 juta rupiah buku rekening, stempel. Sisanya galon, unit sampah dan uang akan menyusul,” ungkapnya.

“Kami juga sudah menerima uang modal BUMDes yang sempat di gunakan oleh salah seorang pengurus, dan totalnya baru 12 juta rupiah,” tambahnya.

BACA JUGA: Siswa SMK Ciamis Meninggal Setelah Vaksinasi

Ahmad juga menambahkan pihaknya berencana akan menugaskan Sekdes dan BPD untuk melakukan pembentukan baru kepengurusan BUMDes. Dengan cara membuka pendaftaran untuk memilih calon pengurus BUMDes baru.

BACA JUGA: Polres dan Bank BRI Banjar Salurkan Bansos

“Saya juga sudah menugaskan untuk segera merealisasikan uang pengembalian BUMDes yang masuk. Untuk sementara rencana program bumdes akan tetap di lakukan, seperti memperluas penanganan sampah, simpan pinjam ke pedagang  kecil, Koperasi PKK, Penyaluran Gas, Pupukk, Wisata Odong-odong,” pungkasnya. (Rizky/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan