Wisata Religi Samida Rajadesa Ciamis

infopriangan.com, BERITA CIAMIS.  Wisata religi Samida yang berada di Desa Sirnajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis kini mulai di kenal dan mulai banyak kunjungi masyarakat. Baik masyarakat sekitar atau luar Rajadesa.

Selain memiliki keindahan alam yang patut dibanggakan, Samida memiliki gazebo juga di tumbuhi pohon-pohon besar dengan suasana alam yang masih asri.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Sepenggal mengupas sejarah Samida, H. Abdul Haris, S.Pd., S.IP., M.Pd. mengatakan,  Situs Samida yang berada di Desa Sirnajaya ada kaitannya dengan Kerajaan Pajajaran. Karena salah satu anak Prabu Siliwangi dari selirnya pernah tinggal disini yang bernama Prabu Sirnaraja.

Samida kini sedang berbenah, terlihat dengan adanya beberapa bangunan pendukung seperti gedung aula dan kolam renang yang sedang dibangun.

“Situs Samida butuh sentuhan Pemerintah Kabupaten Ciamis. Saya berharap Pemerintah bisa mewujudkan impian warga Desa kami,” ungkap Haris.

Haris juga mengatakan seandainya Samida bisa berfungsi, banyak keuntungan yang didapat oleh warga.

“Bisa mengurangi pengangguran, bagi yang suka berdagang bisa jualan disini. Selain itu bisa menambah PAD Desa,” katanya.

Masih di tempat yang sama Sekdes Desa Sirnajaya Dadang mengatakan, situs Samida juga membutuhkan bangunan museum. Karena banyak benda pusaka yang di temukan diarea itu seperti keris, perabotan rumah tangga dan alat perang jaman dahulu.

“Saya berharap pemerintah Kabupaten Ciamis dapat merealisasikan anggaran untuk pembangunan Situs Samida,” ujarnya.

BACA JUGA: TNI-Polri Lakukan Kunjungan ke Provinsi NTB

Dadang mengaku sudah beberapa kali dibuatkan proposal kepada pihak Dinas terkait tapi sayang hingga kini belum terealisasikan. Dia juga mengatakan dari Dinas terkait bahkan pernah datang survey ke lokasi ini tapi hingga kini belum jelas direalisasikan atau tidak.

BACA JUGA: Peresmian Bank bjb KCP Sindangkasih

“Saya sangat berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas terkait dapat merealisasikan permohonan kami yang sudah beberapa kali kami ajukan di anggaran tahun ini. Kami sangat membutuhkan,” pungkasnya. (Fanny/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan