Deklarasi Damai Pilkades Kecamatan Pamarican

infopriangan.com, BERITA CIAMIS.  Pemerintah Kecamatan Pamarican menggelar “Deklarasi Damai” Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2022.

Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Rabu, (09/03/2022).

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Hal ini dalam rangka mewujudkan suksesnya pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2022, yang akan digelar pada tanggal 27 Maret 2022 mendatang.

Dihadiri oleh Camat Pamarican, Drs. H. Maman Somantri, Kapolsek Pamarican, IPTU Jajang Sahidin, S.H. Danramil 1316/Pamarican, yang diwakili oleh Sertu Kirno, para calon Kepala Desa, dan Panitia Pilkades, serta tamu undangan lainnya.

Deklarasi Damai Pilkades Serentak tersebut diikuti oleh 20 calon Kepala Desa, yang terdiri dari calon Kepala Desa wilayah Desa Sukajadi, Sidaharja, Sukajaya, Margajaya, Bantarsari, dan Pasirnagara.

Camat Pamarican, Drs. H. Maman Somantri, berharap dengan komitmen bersama pada Deklarasi Damai tersebut. Dapat menciptakan kondisi pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2022 yang aman, damai, dan kondusif.

“Melalui momentum Deklarasi Damai ini, kita semua harus mampu mewujudkan kampanye Pilkades yang damai, aman, dan tertib, yang dituangkan dalam ikrar bersama,” ungkap Maman.

“Bukan sekedar formalitas, dan seremonial belaka. Tetapi lebih memiliki makna untuk mempertegas sikap peserta Pilkades yang berintegritas,” tambahnya.

Lebih lanjut Maman, menyampaikan bahwa kegiatan Deklarasi Damai tersebut juga harus memuat komitmen, dan konsistensi dari seluruh calon Kepala Desa.

“Deklarasi Damai pada hari ini merupakan bagian dalam kerangka membangun tatanan nilai, norma, dan etika, dalam proses pelaksanaan kehidupan berdemokrasi. Semuanya mengikat untuk diwujudkan dalam perhelatan Pilkades Serentak ini,” jelas Maman.

Pada kesempatan itu, Maman meminta kepada 20 orang calon Kepala Desa di wilayah Kecamatan Pamarican, agar dapat menyatukan persepsi, dan komitmen. Lalu menghindari kecurangan yang dapat menimbulkan gesekan dari para pendukungnya.

Selain itu, Maman juga mengingatkan kepada para calon Kepala Desa, harus menyadari bahwa dalam kompetesi pesta demokrasi Pilkades tersebut, harus siap menang, dan kalah.

“Menang dan kalah, adalah hal yang lumrah. Jangan sampai kekalahan menimbulkan rasa dendam yang mendalam. Bagi yang menang, saya titip pesan jangan merayakan dengan euforia yang berlebihan, apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini,” imbuh Maman.

Hal senada diungkapkan Kapolsek Pamarican, IPTU Jajang Sahidin, S.H., bahwa dirinya mengimbau kepada seluruh unsur yang terlibat dalam Pilkades Serentak Tahun 2022, harus dapat menjaga netralitas.

Dirinya, meminta kepada semua pihak untuk dapat bersama-sama dengan TNI-Polri, dapat menjaga keamanan, dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), di wilayah Kecamatan Pamarican, yang kondusif.

“Kami Jajaran Polsek Pamarican, akan berusaha sekuat tenaga menjaga tahapan demi tahapan pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2022, di wilayah Kecamatan Pamarican. Agar dapat berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif,” pungkasnya.

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan