Laporan Dugaan Korupsi, Ini Kata Inspektorat

infopriangan.com, BERITA CIAMIS.  Menyikapi laporan dugaan korupsi di Desa Cikoneng, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis yang dilakukan FORMACI, Inspektorat Ciamis memberikan penjelasannya.

Inspektorat Ciamis melalui Irbansus Syaiful Slamet, S.Hut., mengatakan bahwa semua permasalah itu sudah dilakukan sesuai dengan SOP yang ada.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Mengingat Inspektorat sudah melakukan kerjasama dengan aparat hukum sejak 2018, sebagai turunan perjanjian Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan dan Kepolisian ditingkat pusat.

Salah satu isi dari perjanjian, dalam penanganan pengaduan masyarakat pihak Aparat Penegak Hukum (APH) sebelum melakukan penyidikan, terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan pihak inspektorat (APIP) untuk mempertanyakan apakah permasalahan tersebut sudah dilakukan pemeriksaan atau belum.

“Kalau sudah diperiksa pasti akan meminta hasil laporan awal. Jika belum diperiksa pihak APH meminta bantuan ke Inspektorat untuk melakukan audit investigasi manakala masih dalam penyelidikan,” kata Syaiful.

Jika permasalahan tersebut sudah dinaikan tahapannya kata Syaiful, maka pihak APH meminta pihaknya untuk melakukan audit penghitungan kerugian keuangan negara.

“Sedangkan untuk delik aduan yang masuk ke pihak Inspektorat kita bersama tim melakukan audit langsung kelapangan. Hasilnya dilaporkan ke Bupati dan ditembuskan ke APH,” ujarnya.

Syaiful juga menjelaskan, terkait dugaan adanya  penyelewengan dana dari Desa Cikoneng, delik aduannya langsung ke pihak aparat penegak hukum.

BACA JUGA: Satpol PP, TNI, Polri Amankan Puluhan Miras

“Pihak kita menunggu pelimpahan dari pihak APH. Jika tidak dilimpahkan ke pihak kita tetap pihak kita nantinya akan diminta untuk melakukan perhitungan kerugian uang negara,” jelasnya.

Meskipun perhitungan kerugian tersebut tidak meminta kepada Inspektorat, pihak APH dapat meminta ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi. (Kusmana/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan