Buah yang Baik Untuk Berbuka Puasa

infopriangan.com, GAYA HIDUP.  Mengonsumsi buah ketika berbuka puasa dapat membantu mengembalikan cairan, energi, serta elektrolit tubuh yang hilang. Ini karena buah-buahan sumber yang baik dari air, glukosa, vitamin, dan mineral.

Diantara banyaknya jenis buah-buahan, dibawah ini beberapa buah yang terbaik untuk buka puasa :

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

1. Kurma
Kurma dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk berbuka puasa karena mengandung banyak serat, protein, dan mineral. Kurma juga padat kalori sehingga bisa membuat tubuh berenergi kembali setelah seharian berpuasa.

2. Apel
Meski kandungan airnya tidak sebanyak semangka, buah apel mengandung serat yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Didalam tubuh, serat pada apel akan membantu menyiapkan organ-organ pencernaan untuk menerima makanan yang lebih padat.

3. Blewah
Buah blewah tidak hanya menyegarkan, tapi juga baik untuk berbuka puasa karena kaya akan mineral serta gula yang bisa mengembalikan energi.

4. Jeruk
Sebagian besar kandungan jeruk yaitu karbohidrat dan air, dengan gula berbentuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Meski tinggi kandungan gula, buah jeruk tidak meningkatkan gula darah dengan cepat sehingga aman bagi penderita diabetes.

5. Semangka
Buah semangka terkenal dengan kandungan airnya yang melimpah sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Tubuh akan mendapatkan asupan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit.

6. Anggur
Buah ini memiliki rasa segar dan manis yang dapat mengembalikan cairan dan gula di dalam tubuh. Selain itu, kandungan air dan seratnya juga bisa membantu mencegah sembelit.

7. Pisang
Pisang merupakan sumber energi dan mineral, terutama kalium. Mengonsumsi buah pisang saat buka puasa bisa membantu memulihkan energi dan keseimbangan elektrolit yang mungkin berubah akibat kurangnya asupan makanan selama berpuasa.

8. Alpukat
Tidak seperti buah-buahan lain yang tinggi karbohidrat, buah alpukat tinggi kandungan lemak yang sehat. Buah ini juga kaya serat, kalium, dan magnesium. Konsumsi secara rutin bisa membantu memulihkan energi yang berkurang saat puasa.

9. Melon
Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa mencegah dehidrasi. Tidak hanya itu, konsumsi melon juga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin A dan C.

BACA JUGA: Menumbuhkan Kesadaran Terhadap Sampah

10. Pir
Ada banyak manfaat buah pir, salah satunya mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa. Selain itu, kandungan serat pada pir juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga tidak makan berlebihan saat buka puasa.

Untuk mempertahankan nilai gizi dan manfaatnya, sebaiknya makanlah buah-buahan dalam bentuk yang masih segar. Batasi penggunaan gula tambahan agar menu buka puasa tetap menyehatkan. (Fanny Ratnadilla/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan