Wabup Buka Kegiatan Seleksi Pemuda Pelopor

infopriangan.com, BERITA CIAMIS. Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, membuka kegiatan karantina peserta seleksi pemuda pelopor tingkat Kabupaten Ciamis, di Hotel Tyara plaza, Selasa, (12/04/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis. Seleksi Pemuda Pelopor ini, diikuti sebanyak 23 peserta dari perwakilan 23 kecamatan di Kabupaten Ciamis.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Adapun bidang kepeloporan pada pemilihan pemuda pelopor Kabupaten Ciamis tahun 2022 ini, meliputi lima bidang. Diantaranya, bidang pendidikan, agama dan sosial budaya, pengelolaan sumber daya alam lingkungan dan pariwisata, pangan dan inovasi teknologi.

Dalam sambutannya, Wabup mengajak para pemuda untuk gila dalam berkreatifitas. Karena sosok penemu teknologi di masa lalu, dianggap gila dengan inovasinya, namun saat ini, kita merasakan manfaat besar dari temuan inovasi tersebut.

“Kita harus gila dalam berkreatifitas, berani mengeluarkan gagasan, out of the box dan keluar dari zona nyaman,” katanya.

Yana berharap, para pemuda yang mengikuti kegiatan seleksi pemuda pelopor ini, bisa memberikan dampak positif melalui inovasi yang telah dijalankannya.

“Mudah – mudahan terlepas lulus tidaknya sebagai pemuda pelopor Kabupaten Ciamis, inovasinya bisa memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan pembangunan daerah,” harapnya.

Ia mengingatkan, memasuki era globalisasi, pemuda harus memiliki peran aktif dan berinovasi. Hal ini dilakukan agar pemuda hari ini tidak hanya menjadi penonton, namun pelaku dalam segala aspek kehidupan.

“Melalui kegiatan Pemuda Pelopor Kabupaten Ciamis ini, para pemuda dengan inovasi yang dijalankannya, semoga bisa menjadi pelaku di era globalisasi yang serba digital. Selamat mengikuti seleksi, saya titip untuk penilai dan tim juri, agar menilai secara objektif,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Disbudpora Kabupaten Ciamis, Erwan Darmawan, menjelaskan, tujuan penyelenggaraan seleksi Pemuda Pelopor ini, untuk membentuk dan menggelorakan semangat dikalangan pemuda.

Selanjutnya dikatakan Erwan, melalui kegiatan ini, bertujuan untuk menemukan pemuda yang memiliki potensi kepeloporan, yang memberikan jalan melalui inovasinya dalam hal pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Mudah-mudahan kita bisa menemukan pemuda hebat dan terhebat di Kabupaten Ciamis, melalui kegiatan Pemuda Pelopor ini,” ujarnya.

Ia menerangkan, sasaran kegiatan pemuda pelopor Kabupaten Ciamis ini, untuk pemuda direntang usia 16-30 tahun. Melalui kegiatan karantina, nantinya akan dipilih 15 peserta terbaik dari 23 peserta seleksi.

BACA JUGA: Bupati Garut Bangun Jalan Menuju Gunung Jampang

Erwan mengungkapkan, jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 48 orang dan lolos seleksi 23 orang. Sementara untuk 4 kecamatan, diantaranya kecamatan Lumbung, Purwadadi, Sindangkasih dan Tambaksari tidak mengirimkan perwakilannya.

“Penilaian pemuda pelopor ditentukan melalui serangkaian kegiatan dan penilaian oleh dewan juri dari perguruan tinggi, OKP, dan dinas terkait. Semoga terseleksinya pemuda dengan kepeloporan yang memiliki dampak yang luas bagi masyarakat dan pembangunan daerah,” pungkasnya. (Kusmana/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan