Pembangunan Embung Disambut Baik Warga

infopriangan.com, BERITA NASIONAL.  Masyarakat yang ada di Dusun Tambaksari, Desa Karangreja, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menyambut baik pembangunan embung di wilayah tersebut.

Tidak hanya itu, dengan adanya pembangunan embung tersebut juga mendapatkan respon positif dari masyarakat terutama warga di sekitar lokasi pembangunan.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Pasalnya sudah hampir empat tahun warga melalui usulan dari Pemerintah Desa setempat menginginkan adanya pembangunan tersebut.

Seperti yang di ungkapkan salah seorang warga setempat, Ari mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi adanya pembangunan tersebut. Apalagi nantinya embung yang saat ini sedang di bangun akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Seperti untuk mengairi area pertanian, atau untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari. Maka dari itu, saya selaku masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah juga BBWS yang sudah merealisasikan embung tersebut,” jelasnya.

Hal lain yang bersifat positif dari pembangunan ini adalah, warga sekitar yang sedang menganggur bisa ikut bekerja. Karena pihak kontraktor mempekerjakan sebagian besar warga lokal dalam pembangunan tersebut.

Lanjut Ari mengatakan, selain adanya pemberdayaan dalam urusan pekerja, pihak kontraktor juga melakukan pemberdayaan dalam bidang pengadaan bahan matrial yang diberikan kepada masyarakat.

“Jadi kami bisa menjamin proses pembangunan ini akan sesuai dengan aturan, karena sebagian besar matrial yang ada dalam pembangunan tersebut dari masyarakat. Tentu kami sebagai penerima manfaat akan mengedepankan pengiriman barang yang berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Tambaksari Rojimin mengatakan, pihaknya juga mengaku sangat bersyukur dengan adanya pembangunan embung tersebut.

“Ada kepuasan tersendiri untuk saya pribadi, karena sudah empat tahun ini kami mengidamkan adanya embung, dan sekarang baru terealisasikan,” ungkapnya.

Rojimin juga menambahkan, selain digunakan untuk pertanian juga kebutuhan warga, embung tersebut nantinya direncanakan sebagai salah satu objek wisata andalan yang ada di wilayah tersebut.

“Bahkan saat ini, site plannya sedang dalam perencanaan, maka saya juga mengucapkan terima kasih kepada BBWS Citanduy yang telah merealisasikan pembangunan embung ini,” tuturnya.

Lanjut Rojimin, sebelumnya pihak Pemerintah Kecamatan Cipari juga sempat mengunjungi proses pembangunan di wilayah tersebut.

“Alhamdulillah respon dari pemerintah kecamatan sangat bagus. Apalagi mendengar bahwa sebagian besar pekerja dan bahan matrialnya berasal dari pribumi,” terangnya.

Senada dengan Rojimin, Kepala Desa Karangreja, Wasono juga mengatakan, pihaknya juga membenarkan bahwa rencananya embung tersebut akan digunakan sebagai objek wisata.

“Kami berharap nantinya jika rencana objek wisata embung ini terealisasikan, bisa menjadi wahana wisata yang ramah anak. Serta keberadaan embung ini nantinya juga bisa bermanfaat dalam bidang irigasi, juga sentra perikanan,” ungkapnya.

Sementara itu, pelaksana lapangan dari CV Wibowo Utama, pemenang tender pembangunan embung di wilayah tersebut, Emil mengatakan,
Rencananya pembangunan embung akan dikerjakan selama 180 hari masa kerja.

“Total anggaran dari pembangunan embung tersebut sebesar Rp. 5.476.126.800, dan insyaallah pekerjaan akan selesai tepat waktu. Meski besok kami berencana akan libur dulu, karena persiapan menjelang Idul Fitri,” ungkapnya.

Emil juga menambahkan, pihaknya membenarkan bahwa dalam pekerjaan tersebut pihak kontraktor mempekerjakan hampir 70% dari pribumi

“Untuk 30% itu pihak perusahaan yang menyediakan, karena mereka sebagai tenaga ahli. Bahkan sebelumnya kami bersama pihak BBWS juga sudah mensosialisasikan kepada warga sekitar. Kami pihak perusahaan membuka pintu selebar-lebarnya bagi warga yang ingin bekerja di pembangunan tersebut,” pungkasnya. (Rizky/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan