Nama Sekolah di Banjaranyar Ingin Dirubah

infopriangan.com, BERITA CIAMIS.  Sejak adanya pemekaran yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Ciamis, sampai saat ini beberapa lembaga pendidikan baik tingkat SMP maupun SMA di Kecamatan Banjaranyar masih menggunakan nama Banjarsari.

Padahal sudah tujuh tahun Kecamatan Banjaranyar berdiri, namun pemerintah daerah maupun pusat belum juga merealisasikan untuk segera mengganti nama beberapa lembaga pendidikan dari Banjarsari ke Banjaranyar.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Di Kecamatan Banjaranyar sendiri terdapat beberapa lembaga pendidikan yang masih menggunakan nama Banjarsari. Seperti SMPN 3 Banjarsari, SMPN 5 Banjarsari, SMP 6 Banjarsari, SMPN 7 Banjarsari, SMP SATAp 1 Banjarsari dan SMAN 2 Banjarsari. Hal ini mengundang beberapa komentar baik dari para tokoh maupun masyarakat.

Menurut Ketua PGRI Kecamatan Banjaranyar, Tedi Sukarsa mengatakan, sampai saat ini pihaknya juga belum begitu mengetahui alasannya mengapa belum ada perubahan.

“Sebenarnya nama lembaga pendidikan bisa disebut sebagai salah satu jati diri bagi suatu daerah. Jadi bagi kami maupun masyarakat adanya pergantian nama sekolah dari Banjarsari ke Banjaranyar sangat diidam-idamkan,” jelasnya.

Menurutnya, sekolah yang ada di Banjaranyar ini memiliki prestasi baik di tingkat Provinsi atau Kabupaten, namun yang harum namanya Banjarsari.

Lanjut Tedi mengatakan, sebenarnya sudah ada beberapa lembaga pendidikan yang mengajukan adanya pergantian nama. Namun sampai saat ini pihaknya belum mengerti kendala apa saja sehingga belum terealisasikan.

“Kami dari pihak PGRI, sudah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan untuk membahas hal tersebut. Sampai saat ini, kami masih melakukan gerilya baik ke tingkat provinsi, maupun kabupaten. Agar nama-nama sekolah ini segera dilakukan pergantian,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Banjaranyar, Anto Risyanto mengatakan, sampai saat ini pihak kecamatan sedang mengumpulkan berkas-berkasnya. Terlebih dahulu agar semuanya sekaligus diajukan untuk segera dilakukan perubahan nama.

“Setelah berkas-berkas itu sudah semua kami kumpulkan, nanti pihak kecamatan akan berkoordinasi ke kabupaten melalui bidang organisasi. Lalu ke Dinas Pendidikan melalui bagian pendidikan,” tambahnya.

Namun menurutnya, hal ini juga bisa disebut rumit, nantinya pasti akan ada perubahan SK para pendidik, juga dapodik, dan itu memerlukan waktu yang cukup lama.

BACA JUGA: SMAN 2 Banjarsari Mulai PPDB Tahap Pertama

Ditemui secara terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Ciamis, Endang mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu adanya pengajuan pergantian nama sekolah-sekolah tersebut dari tingkat kecamatan.

“Memang kami dari Dinas Pendidikan mengharapkan, pihak kecamatan untuk segera membuat pengajuan permohonan pergantian nama. Agar nama-nama lembaga pendidikan disana segera berganti dari Banjarsari ke Banjaranyar,” pungkasnya. (Rizky/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan