Hobi Langka Koleksi Media Cetak Sejak Kecil

infopriangan.com, BERITA NASIONAL.  Salah satu kelebihan media cetak adalah beritanya awet bisa dibaca berulang-ulang. Bahkan sampai puluhan tahun. Ini terbukti seperti apa yang dilakukan .

Pria asal Subang ini sejak duduk dibangku Sekolah Dasar sudah senang membaca koran. Koran-koran yang pernah dibacanya itu, kini masih ada dan terawat dengan baik.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Kecintaannya terhadap media cetak semakin menggebu-gebu saat Kin duduk dibangku SMP, sekitar tahun 1985.

Bahkan setiap ada kerabatnya yang pergi ke luar kota, Kin pasti pesan oleh-oleh yang namanya koran, majalah, atau tabloid.

Saat gurunya mengetahui kebiasaannya itu, Kin dipercaya untuk mengelola Majalah Dinding (Mading) di sekolahnya. Sejak itu pula pria yang memiliki nama asli Ikin Sadikin tersebut senang mengoleksi media cetak.

Sekitar 3000 lebih media cetak lawas terbitan dalam dan luar negeri yang terbit puluhan tahun lalu tersimpan dengan perawatan yang ekstra telaten. Bahkan terdapat salah satu koran yang terbit di era kemerdekaan RI.

“Hampir seluruhnya koleksi tersebut saya simpan di rumah saya di ,” kata Kin. Kamis, (20/10/2022) kepada infopriangan.com.

Sedangkan kata Kin, yang lainnya berada di Bandung. Yaitu semua koran PR terbitan sekitar tahun 60-an disimpan di kantor redaksi media tersebut, untuk bebagai kepentingan.

Sedangkan sebanyak 200 edisi tabloid dan majalah dititipkan di rumah jurnalis ternama Arswendo Atmowiloto untuk kepentingan tertentu.

Kebiasaan Kin memang tergolong langka. Dirinya tertarik untuk mengoleksi media lawas yang memang sudah langka.

Kin juga mengaku tidak menyangka jika kesenangannya mengoleksi media lawas bisa bermanfaat bagi dirinya dan banyak orang.

Bahkan Presiden Jokowi pernah melihat dan terkagum-kagum pada salah satu koleksinya saat Presiden berkunjung ke salah satu perusahaan penerbitan media cetak di Bandung.

BACA JUGA: Sensasi Beach Camping Park di Karangnini

Kin juga tidak menyangka jika kesenangannya itu bisa membuat dirinya terkenal. Berbagai media cetak dan elektronik beramai-ramai mengulas tentang Kin Sanubary si raja media lawas.

Namun begitu, semua itu tidak membuat Kin tinggi hati. Kin tetap bersahaja dan rendah hati. Seperti yang diperlihatkan pada infopriangan.com saat dikonfirmasi. (Liklik Sumpena/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Satu tanggapan untuk “Hobi Langka Koleksi Media Cetak Sejak Kecil

  • 21 Oktober 2022 pada 10:31 pm
    Permalink

    Terima kasih atas liputannya semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi kaum muda.

    Balas

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan