Simak, Manfaat dan Efek Samping Daun Sirsak!

infopriangan.com, GAYA HIDUP. Buah sirsak kaya vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan serta kekebalan tubuh. Tidak hanya buahnya, daun sirsak juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Daun sirsak mengandung antioksidan termasuk fitosterol, tanin, dan flavonoid yang baik untuk perlindungan mekanisme kerja tubuh.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Berikut beberapa manfaat daun sirsak:

  1. Mengobati Kanker.
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efekif dibanding kemoterapi.
    Cara menggunakannya, rebus 10 lembar daun sirsak dan tuangkan dalam satu gelas cangkir. Minum ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu.
  2. Mengobati Asam Urat.
    Cara menggunakannya, rebus 6-10 lembar daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau. Sebelumnya, cuci bersih dulu daun tersebut. Ekstrak air daun sirsak menjadi 1 gelas, lalu diminum. Minum ramuan ini pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil maksimal.
  3. Mengobati Rematik.
    Berbeda dengan dua cara sebelumnya, untuk mengobati rematik Anda tinggal menghaluskan daun sirsak. Kemudian, oleskan daun sirsak tersebut pada daerah tubuh yang terkena rematik dua kali sehari.
  4. Mengatasi Diabetes.
    Dengan mengonsumsi daun sirsak, Anda dapat terhindar dari diabetes sebab daun tersebut merupakan obat alami untuk menstabilkan kadar gula.
  5. Mengobati Bisul.
    Bagi yang memiliki bisul, tempelkan beberapa lembar daun sirsak yang telah dihancurkan pada bisul.
  6. Singkirkan Kutu.
    Rebusan sirsak yang dipijat halus pada kulit rambut dapat menyingkirkan kutu kepala Anda.

BACA JUGA: Tujuh Rumah Rusak, Dua Pemilik Rumah Mengungsi

Meski memiliki manfaat, ada pula efek samping dari daun sirsak bagi tubuh. Jika daun sirsak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, risiko munculnya efek samping juga akan lebih tinggi.

Daun sirsak disebut dapat menyebabkan kerusakan saraf dan masalah gerakan, terutama untuk penggunaan jangka panjang. (Fanny R/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan