Kebakaran Hebat Pasar Ciawi Dapat Dipadamkan

infopriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Berkat puluhan petugas gabungan, terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran, Polisi, dan Relawan, api yang berkobar di Pasar Tradisional Ciawi. Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. dapat dipadamkan

Berdasarkan pantauan infopriangan,com api dapat di padamkan sekitar pukul 20.00 WIB setelah petugas Damkar dari Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Sumedang, bahu membahu memadamkan api.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Sementara Kepala Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Kadiskop UMKM Perindag) Kabupaten Tasikmalaya, Iwan Ridwan mengatakan, berdasarkan data pihaknya tercatat ada 158 kios di Blok C yang ludes terbakar.

“Menurut data, ada 158 kios yang terbakar di Blok C Pasar Ciawi, dan sementara di Blok lain tidak ada,” kata Iwan yang ditemui di lokasi kebakaran.

Ia juga menambahkan, ratusan kios yang berada di Blok C yang ludes terbakar itu kebanyakan diisi para pedagang kelontongan dan kasur.

“Kios di Blok C itu rata-rata kelontongan, ada yang jualan kasur juga. Sehingga api cepat membakar,” terangnya.

Dia menambahkan, penyebab kebakaran Pasar Ciawi ini belum bisa dipastikan apa penyebabnya. Karena masih dalam proses penyelidikan pihak kepolisian dan petugas Damkar.

“Penyebab kebakaran masih belum diketahui dan itu ranahnya ada di Kepolisian. Kita masih menunggu proses penyelidikan dari pihak Kepolisian dan petugas pemadam kebakaran,” tambahnya.

Ia Juga menjelaskan, sebagian bangunan kios di Pasar Ciawi itu merupakan bangunan baru karena tahun lalu juga sempat terjadi kebakaran.

“Sebetulnya kami sedang evaluasi pasar -pasar untuk direvitalisasi. Nanti prosesnya seperti apa.Untuk pedagang yang kiosnya terbakar, nanti kita tempatkan di kios darurat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin,sempat meninjau lokasi kebakaran. Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menangani kebakaran ini.

“Data sementara kios yang terbakar 158 kios. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pemadaman kebakaran ini,” ucap Cecep.

Pihaknya mengaku prihatin dengan bencana kebakaran tersebut. Dia berharap para pedagang yang menjadi korban kebakaran diberikan ketabahan.

“Kami turut prihatin semoga para pedagang yang menjadi korban diberi ketabahan. Insya Allah setelah musibah akan diganti oleh keberkahan yang berlipat,” harapnya.

Disinggung penanganan pasca kebakaran, kata Cecep, pihaknya belum menentukan langkah apa yang akan diambil. Opsinya adalah mendirikan pasar sementara atau melakukan relokasi.

BACA JUGA: Pasar Ciawi Tasikmalaya Terbakar Hebat

“Belum sampai sana, apakah relokasi atau mendirikan pasar darurat. Tapi prinsipnya Pemkab akan berupaya secepatnya mencari solusi, agar para pedagang bisa kembali berjualan. Kami paham bahwa kegiatan usaha jangan terlalu lama terhenti,” pungkasnya.Minggu, (18/12/2022) malam.

Sementara itu di lokasi kejadian, tim Identifikasi Sareskrim Polres Tasikmalaya Kota, masih melakukan sejumlah pemeriksaan dan identifikasi guna mengetahui penyebab utama kebakaran tersebut. (Aa Fauzy/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan