Yogya Ciamis Edukasi Bencana Gempa Pada Karyawan

infopriangan.com, BERITA CIAMIS.  YOGYA Dept. Store Ciamis melaksanakan sosialisasi, edukasi dan simulasi bencana alam gempa bumi bagi seluruh karyawannya di area Foodcourt YOGYA Dept. Store Rabu, (21/12/2022) pukul 07.30 WIB.

Kegiatan diikuti seluruh karyawan karyawati mulai dari kasir, SPG, Manajemen sampai dengan anggota keamanan sebanyak lebih dari 200 orang.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

BPBD Kabupaten Ciamis yang dipimpin oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Memet Hikmat R, A.KS dan enam orang anggota PUSDALOPS-PB mengawali kegiatan dengan penyampaian kondisi global cuaca.

Kegiatan tersebut juga antisipasi menghadapi cuaca ekstrem Hidrometeorologi yang tengah melanda sebagian besar wilayah di Indonesia termasuk Kabupaten Ciamis.

Memet juga menyampaikan pentingnya kewaspadaan akan bencana alam gempa bumi yang akhir-akhir ini kerap terjadi.

Untuk YOGYA Dept. Store Ciamis ancaman yang ada adalah bencana alam gempa bumi. Oleh karena itu, teori, praktik dan simulasi terkonsentrasi pada acaman tersebut, yaitu gempa bumi.

Sejak penyampaian materi dalam bentuk teori, seluruh peserta nampak antusias, hal tersebut mungkin karena memang akhir-akhir ini daerah sekitar beberapa kali diguncang gempa bumi.

“Yang terakhir yang terdekat dengan Kabupaten Ciamis yaitu yang terjadi di pantai Kabupaten Garut dengan Magnitudo 6,4 di kedalaman 118 km,” ungkapnya.

Lanjut Memet, tips, trik dan berbagai tata cara menyelamatkan diri dan hal-hal apa saja yang harus diwaspadai dan dihindari pada saat terjadi bencana alam gempa bumi disampaikan dalam kesempatan itu.

Kegiatan selanjutnya adalah praktik menyelamatkan diri dengan menggunakan tambang turun dari lantai dua gedung.

Skenario yang dimainkan yaitu saat terjadi gempa akses ke lantai satu gedung tertutup reruntuhan tembok dan lain-lain. Sehingga pengunjung dan pegawai terjebak atau terkurung di lantai dua gedung.

Sehingga simulasi yang dilaksanakan yaitu menurunkan pengunjung atau konsumen dan seluruh karyawan yang terjebak di lantai dua.

Pada kesempatan tersebut enam orang Anggota PUSDALOPS-PB berperan sebagai Rescuer yang membantu semua orang terjebak di lantai dua untuk turun ke pelataran parkir (tempat aman) dengan menggunakan tambang (teknik vertical rescue).

Hingga semua orang berhasil diselamatkan dan berkumpul di titik kumpul yang telah ditentukan.
Kegiatan simulasi berakhir pada pukul 10.00 WIB dilanjutkan dengan evaluasi.

Dalam evaluasi, Memet menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar seluruh karyawan/wati YOGYA Dept. Store mengetahui cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi.

Dalam kesempatan itu juga Memet berharap kedepan peran yang diperagakan oleh enam orang Anggota PUSDALOPS-PB BPBD Kabupaten Ciamis dapat dilaksanakan secara mandiri oleh Anggota Keamanan YOGYA Dept. Store dibantu para karyawan untuk menyelamatkan diri dan konsumen atau pengunjung.

BACA JUGA: Duh, Harga Pisang Garsela Semakin Murah

Hal tersebut dapat terwujud dengan tersedianya alat evakuasai yg memadai yg dimiliki sendiri (YOGYA Dept. Store) dan petugas keamanan dan karyawan yang terlatih untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan.

Untuk itu Memet juga berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan untuk menambah materi sekaligus memberikan pelatihan secara berkesinambungan bagi seluruh Karyawan YOGYA Dept. Store. (Eddy Supriatna/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan