KPS Sadapaingan Gelar Hari Air Sedunia

infopriangan.com, BERITA CIAMIS.  Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret, Komunitas Peduli Sungai (KPS) Cijolang Hulu Sadapaingan ikut memperingatinya pada hari Sabtu 18 Maret 2023.

Peringatan ini dilaksanakan di Gerbang  perbatasan Ciamis Utara terletak di Desa Sadapaingan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Tema dari kegiatan ini adalah air tanah “water ground”, maka dari itu KPS Cijolang Hulu beserta Karangtaruna Seda Patra didukung pemerintahan Desa Sadapaingan dan Camat Panawangan melaksanakan reboisasi di Dusun Cipendeuy, Desa Sadapaingan.

Lahan ini adalah milik Desa Sadapaingan, yang harapannya kedepan KPS Cijolang Hulu adalah kembalinya hijau area perbukitan dan hutan Desa Sadapaingan agar cadangan air dan sumber air bawah tanah melimpah.

Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh pentas seni Calung. Grup kesenian Calung memang sudah memudar namun di Desa Sadapaingan masih di pertahankan sebagai ciri khas.

Dihadiri oleh Bupati Ciamis yang di wakili oleh Sekdis DPRKPLH dan jajaran, anggota DPRD komisi C Kabupaten Ciamis, H. Sarkum, anggota DPRD komisi D Kabupaten Ciamis, H. Enceng, serta anggota DPR Provinsi Jawa Barat Komisi II, Ir. H. Herry Dermawan.

Ketua KPS Cijolang Hulu Sadapaingan, Deden Hidayat mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat dan para donatur yang telah mendukung secara moril dan materil.

“Saya merasa bangga Desa Sadapaingan menjadi letak Gerbang Batas Ciamis Utara yang sedemikian megahnya. Dimana gerbang ini bukan ujung dari Ciamis namun justru ini adalah wajah Kabupaten Ciamis sebelah utara,” ungkapnya.

Lanjutnya, hal ini bertujuan mengingatkan kembali memori dua tahun kelam bahwa telah dilaksanakannya sosialisasi terkait pembangunan Rest Area serta Ruang Terbuka Publik (RTP  yang sampai detik ini belum terlaksana.

“Saya harap kedepan agar segera dilaksanakan pembangunannya. Adapun masih kekurangan dalam hal administrasi akan lebih baik jika semua di singkronisasikan sesegera mungkin baik pemerintahan Desa dan pemerintahan Daerah,” jelasnya.

Ia juga mengajak seluruh lapisan masyrakat dari bawah sampai ke tingkat pemerintahan kabupaten dan provinsi untuk sama-sama menjaga lingkungan.

“Terlebih aliran Sungai Cijolang Hulu banyak proteksi Tebing dan Bendungan serta ada pintu air yg sudah tidak berfungsi total,” tuturnya.

Upaya yang dilakukan KPS Cijolang Hulu lanjut Deden, yaitu telah melaporkan dan meminta permohonan peninjauan lokasi serta perbaikan ke BBWS Citanduy terkait kerusakan akibat Aliran Sungai Cijolang.

“Tapi sampai detik Ini pihak BBWS tidak ada konfirmasi baik lisan, tertulis atau kontak secara langsung,” ungkapnya.

BACA JUGA: K3S Kecamatan Lakbok Bagikan Santunan

Deden berharap dengan terselenggarakannya kegiatan ini bisa tersampaikan aspirasi masyarakat terkait Aliran Sungai Cijolang baik ke pemerintahan kabupaten, provinsi serta pemerintahan pusat.

“Untuk percepatan pembangunan maka sudah selayaknya masyarakat bekerjasama dengan pemerintah untuk membantu percepatan pembangunan. Jangan sampai ajuan dan keluhan masyarakat dilalaikan dan dipersulit oleh para oknum,” pungkasnya. (Agus Pratama/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan