Informasi Kabupaten Ciamis Ada di Aplikasi Helo Ciamis

infopriangan.com, BERITA CIAMIS. Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) telah meluncurkan aplikasi Helo Ciamis sejak 29 Mei 2023.

Kepala Diskominfo Ciamis, Tino Armyanto Lukman Slamet, ST., M.Si., mengatakan semua informasi terkait Kabupaten Ciamis dapat dilihat melalui aplikasi Helo Ciamis.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Menurut Tino, aplikasi helo ini adalah super aplikasi yang mengintegrasikan semua chanel-chanel yang berhubungan dengan Kabupaten Ciamis.

“Di dalam Helo Ciamis itu termasuk dengan layanan publik yang sudah menggunakan digitalisasi. Termasuk yang berkaitan dengan kabar berita tentang Kabupaten Ciamis dan juga Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N)-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) atau yang lebih dikenal SP4N-LAPOR!,” jelasnya.

SP4N-LAPOR! merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui website dan juga aplikasi. LAPOR! telah ditetapkan sebagai sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional.

Program LAPOR! dibentuk untuk merealisasikan kebijakan no wrong door policy berupa penyediaan sarana pengaduan satu pintu yang terhubung dengan seluruh instansi pemerintah.

Dengan begitu masyarakat tidak lagi kesulitan atau kebingungan ketika ingin menyampaikan keluhan maupun masukan.

Program ini bermula dari pengelolaan pengaduan pelayanan publik di setiap organisasi penyelenggara di Indonesia belum terkelola secara efektif dan terintegrasi.

“Masing-masing organisasi penyelenggara mengelola pengaduan secara persial dan tidak terkoordinir dengan baik,” ungkap Tino.

Lanjut Tino, akibatnya terjadi duplikasi penanganan pengaduan atau bahkan bisa terjadi pengaduan tidak ditangani oleh organisasi yang bersangkutan.

BACA JUGA: Endin Lidinillah: Sudah Saatnya di Kabupaten Ciamis Dibentuk Kominfor

Lembaga yang mengelola program ini ialah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) sebagai Pembina Pelayanan Publik. Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai Pengawas Program Prioritas Nasional dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai Pengawas Pelayanan Publik, serta Kementerian Dalam Negeri untuk mempercepat pelaksanaan SP4N-LAPOR! di Pemerintah Daerah.

“Silahkan bagi masyarakat Ciamis bisa diunduh langsung di Play Store, ketik Helo Ciamis,” pungkasnya. (Dine D Kurnia/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan