107 KK Terima Bantuan Air Bersih Dari PMI

infopriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Ratusan warga yang terdampak kekeringan di Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat menerima bantuan air bersih dari Palang Merah Indonesia (PMI). Jumat, (25/08/2023 Siang.

Dengan membawa jeriken serta ember kosong, ratusan warga yang telah lama menunggu langsung berebut air ketika petugas mulai membagikan air bersih. Bahkan, ada beberapa warga yang beberapa kali ikut antrian.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Kondisi ini dapat dimaklumi. Sebab, warga di Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat
Mulai terdampak kemarau dan kesulitan mendapatkan air bersih.

Ketua PMI Kota Tasikmalaya Rahmat Kurnia mengatakan, pendistribuian air bersih itu dilakukan di Kampung Ciluncat dan Kampung Cikakaban, Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari.

“Hari ini kita mendistribusikan air bersih kepada warga di daerah ini yang terdampak kemarau tahun ini,” kata Ketua PMI Kota Tasikmalaya, Rahmat Kurnia.

Pendistribusian air bersih ini kata dia, berdasarkan laporan yang diterima PMI Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, bahwa terdapat ratusan jiwa warga mulai kesulitan air bersih di wilayah tersebut.

“Sumurnya disini sudah mulai kering. Jadi kami berikan bantuan air bersih,” terang dia.

Dalam pendistribusian air bersih itu, PMI Kota Tasikmalaya menerjunkan mobil tangki dengan kapasitas 5.000 liter. Bantuan air bersih itu langsung disalurkan setidaknya kepada 107 kepala keluarga (KK) atau 339 jiwa warga di dua kampung tersebut. 

Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat memang merupakan salah satu wilayah yang berpotensi mengalami bencana kekeringan. Sebab, sebagian warga di wilayah itu tinggal di dataran tinggi.

“Di sana gali sumur 13 meter saja tidak ada air. Sepekan tidak hujan juga langsung kering,” ujar dia.

Lebih lanjut dia menuturkan, pendistribusian air bersih tersebut, merupakan yang kali pertama dilakukan selama musim kemarau tahun ini.

BACA JUGA: Ribuan Warga se-Priangan Timur
Ikuti Kirab Merah Putih

Pendistribusian air bersih tersebut, dilakukan atas kerja sama dengan Baznas dan sejumlah pengusaha di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

“Kami juga telah koordinasi dengan BPBD Kota Tasikmalaya, Jawa Barat untuk mendistribusikan air bersih,” pungkas Rahmat. (AA Fauzy/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan