Segera, Tes CPNS Digelar di Tasikmalaya

infopriangan.com, BERITA TASIKMALAYA.  Pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Se Priangan Timur mulai digelar. SKD akan digelar pada Sabtu (02 /02 /2020) hingga 27  Februari 2020, di Gedung Serbaguna Pemkot Tasikmalaya.

Sekitar 51.800 peserta test CPNS, mengikuti seleksi kompetensi dasar di Kota Tasikmalaya, test yang diikuti ribuan peserta dari enam Kota Kabupetan di priangan timur ini, dilaksanakan dari tanggal 1 – 27 februari 2020.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Sebelumnya Panitia kebut persiapan pemasangan komputer dan jaringan internet serta kesetabilan listrik, agar bisa di gunakan dengan optimal dan tidak menggangu jalanya tes CPNS tersebut.

Kepala Kantor Regional III BKN Bandung, Imas Sukmariah saat memantau pelaksaan hari pertama CPNS di Kota Tasikmalaya, Sabtu (1/2/2020)Mengatakan,”SKD CPNS menggunakan sistem CAT dijamin transparan, akuntabel dan dapat dipercaya. Sebab, soal ujian dibuat oleh 18 konsorsium perguruan tinggi yang sudah dienskripsi oleh Lembaga Sandi Negara. Soal itu hanya bisa diakses oleh peserta yang telah memiliki pin.

“Jadi jangan ada sampai ada yang percaya oknum yang menjanjikan kelulusan. Potensi kecurangan tidak ada dengan sistem ini,” kata dia.

Selain itu, peserta juga dapat langsung mengetahui nilainya sehabis tes dalam waktu 90 menit. Karena itu, ia mengingatkan para peserta untuk tidak mudah percaya kepada oknum yang menjanjikan kelulusan, imbuh dia.

Lebih Lanjut I, peserta juga tidak akan dapat melakukan kecurangan di dalam ruang tes. Pasalnya, jaringan internet di dalam ruangan tidak akan berfungsi selama tes.

Tak hanya itu, peserta yang masuk juga mesti melewati pemeriksaan ketat, mulai dari pendeteksi logam hingga pemeriksaan badan. Peserta yang masuk ke dalam ruangan hanya diperkenankan membawa alat tulis.

“Kita sudah periksa semua, tidak ada yang masuk dengan alat apapun. Termasuk jimat, akan terdeteksi,” katanya.

Sementara Itu Wakil Wali Kota Tasikmalaya, HM Yusuf menyatakan, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ini dilaksanakan dengan sistem terintegrasi, transparan, obyektif, kompetitif dan akuntabel.

“Tidak diskriminatif dan bebas dari praktek KKN korupsi, kolusi dan nepotisme,” ujar Yusup, Sabtu(1/2/2020).

Yusuf yang ditemui usai membuka test SKD CPNS se-Priangan Timur di Gedung Serbaguna Balai Kota Tasikmalaya ini, implementasi dari hal tersebut adalah seleksi dengan menggunakan metode komputerisasi.

“Tes ini disebut juga sistem CAT. Sistem ini adalah sistem rekrutmen pegawai dengan terbuka dan transparan. Keunggulannya adalah publik dapat langsung mengetahui nilai peserta,” terangnya.

Selain itu Yusuf menjelaskan, sistem seperti ini jelas tak bisa direkayasa.

“Sebab sistem aplikasi komputer ini langsung memeriksa jawaban setiap peserta. Sistem tes ini merupakan penerapan secara nyata untuk proses manajemen rekrutmen ASN,” bebernya. (Aa Fauzy/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan