Jelang Akhir Tahun 2023 Ciamis Raih Anindhita Wistara Data

infopriangan.com, BERITA CIAMIS. Jelang akhir tahun 2023, tepatnya hari Senin, (04/12/2023), Pemerintah Kabupaten Ciamis, memperoleh penghargaan anugerah “Anindhita Wistara Data” dari Kepala Badan Pusat Statistik Republk Indonesia.

Bertempat di Hotel The Rizt – Carlton Jakarta, H.Tino Armyanto, selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis menerima penghargaan tersebut didampingi oleh Asep Syahban.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Tidak hanya Kabupaten Ciamis saja, Anugerah “Anindhita Wistara Data” Tahun 2023 diterima juga oleh 34 pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota se-Indonesia, atas kinerjanya yang baik dalam penyelenggaraan data sektoral. Kinerja tersebut diukur melalui kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).

Adapun tujuan dari EPSS tersebut, seperti yang yerdapat dalam Peraturan BPS tahun 2022 , tentang EPSS, yaitu untuk menilai dan mengukur efektivitas penyelenggaraan statistik sektoral.

Proses penilaiannya melalui tiga tahap yaitu penilaian mandiri, penilaian dokumen, dan penilaian interviu. Tahun ini, penilaian dilakukan terhadap sampel dua kegiatan statistik terbaik yang telah dilaksanakan.

Pemkab Ciamis melalui Diskominfo sebagai leading sector, telah berhasil melaksanakan kegiatan statistik dengan baik sehingga layak mendapatkan penghargaan.

H. Tino Armyanto selaku Walidata Kabupaten Ciamis, mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholders, khususnya pimpinan daerah yang selalu mendorong peningkatan kualitas tata kelola data.

Ucapan terima kasih juga diberikan secara khusus kepada Kepala Bappeda, selaku Koordinator Forum Satu Data yang banyak memfasilitasi pelaksanaan kegiatan untuk mendukung Satu Data Kabupaten Ciamis serta BPS Kabupaten Ciamis atas kinerjanya dalam membina penyelenggaraan statistik.

BACA JUGA: Pemprov Jabar Respons Soal Keluhan Panti ODGJ di Cilacap

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati dan juga Sekda, yang selalu mendorong agar data dikelola dengan lebih baik. Terima kasih juga pada Kepala Bappeda, yang sudah banyak mendukung Satu Data Kabupaten Ciamis. Serta Kepala BPS Kabupaten Ciamis, yang sudah melaksanakan pembinaan statistik dengan baik,” ungkap H. Tino.

H.Tino juga menekankan, bahwa poin penting dari penghargaan ini, bukan hanya apresiasi, tetapi justru harus menjadi motivasi agar bekerja dengan lebih baik. Kita juga akan membantu pembinaan supaya lebih terukur. (Dine D Kurnia/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan