Puluhan Juta Uang PIP Diamankan Tim Saber Pungli Pangandaran

infopriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Pasca piralnya video lima orang pelajar yang diketahui bersekolah di SMK Miftahul Ulum Cimerak, tampak sedang kebingungan di sekitar terminal Pangandaran, pada hari Selasa, (05/12/2023) membuat Tim Saber Pungli pada waktu itu berada di Terminal Pangandaran bertanya tanya ada apakah dengan kelima anak itu.

Kemudian salah satu anggota Satgas Penindakan Saber Pungli Kabupaten Pangandaran, bertanya langsung kepada para pelajar tersebut.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Salah satu pelajar mengatakan bahwa mereka tidak bisa pulang karena tidak punya uang untuk membeli BBM setelah mencairkan dana PIP bersama stap TU.

Berangkat dari kejanggalan tersebut, petugas langsung mendatangi dan meminta keterangan soal bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari pihak sekolah terkait.

Salah satu anggota Saber Pungli Kabupaten Pangandaran Subarnas menjelaskan, awal – awalnya sewaktu dikonfirmasi melalui WA pihak sekolah tidak terbuka dan menjawab bahwa uang belum cair.

“Katanya Kepala Sekolah uang belum cair baru membuat buku, padahal saksi yang mengelami kejadian itu anak-anak. Mengapa Kepala Sekolah bilangnya baru buka rekening,” kata Subarnas.

Subarnas juga menjelaskan setelah ditanyakan mendalam, akhirnya Kepsek tersebut mengakui uang tersebut sudah cair. Kini uangnya ada di Kasubag TU.

Ada Rp.84.000.000 uang yang di amankan Tim Saber Pungli Pangandaran, Program Indonesia Pintar (PIP) milik SMK Miftahul Ulum Cimerak yang diduga akan diselewengkan kepala sekolah (kepsek).

“Uang PIP yang kami mengamankan sebesar Rp 84 juta dengan 78 rekening dan Rp 6 juta uang cash tanpa buku rekening. Satu rekeningnya itu Rp 1 juta,” kata Subarnas.

Sementara itu, Kepsek SMK Miftahul Ulum Cimerak Mumu Mujahid membenarkan uang PIP di sekolahnya diamankan tim Saber Pungli.

“Uang yang belum dibagikan itu, rencananya akan disalurkan bersamaan dengan tahapan uang PIP lainnya yang belum cair dan akan langsung di berikan ke orang tua,” terangnya. Sabtu, (09/12/2023).

BACA JUGA: Badan Koordinasi Saksi BAKORSI Pangandaran Resmi Dilantik

Mumu juga mengatakan hal itu dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan dalam rapat bersama orang tua siswa penerima PIP.

“Jadi nanti rencana kalau sudah semua baru memanggil pihak orang tua dan menyalurkannya,” ucapnya. (QMP/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan