Panwascam: APK Melanggar Aturan Minta Ditertibkan

infopriangan.com, BERITA CIAMIS.
Maraknya Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) pemilu 2024 dipasang di beberapa titik dianggap terlarang di wilayah Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menjadi catatan tersendiri bagi Panwascam Kecamatan Banjaranyar. Rabu, (10/01/2024).

Hal itu memicu Panwascam Banjaranyar geram. Padahal sebelumnya baik pihak panwascam kecamatan sudah menentukan dimana titik-titik lokasi yang bisa di pasangi APK.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Menurut Ketua Panwascam Kecamatan Banjaranyar, Tohaji mengatakan pihaknya sudah berusaha untuk menyampaikan adanya permasalahan tersebut baik ke para calon, atau ke tim sukses partai untuk segera memindahkan APK yang terpasang di area terlarang.

“Kami telah sampaikan teguran baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Namun tetap saja ada yang membandel dan tidak mengindahkan teguran yang kami berikan,” jelasnya.

Tohaji juga mengatakan pihaknya sudah melakukan beberapa pertemuan baik dengan partai, para calon, serta timses yang di kemas dalam bentuk sosialisasi guna menyampaikan dimana titik-titik lokasi yang bisa di pasangi APK saat pemilu 2024 nanti.

“Segala upaya sudah kami lakukan, namun kenyataannya masih saja ada yang melanggar,” tuturnya.

Lanjut Tohaji, saat ini pihaknya sudah melaporkan temuan tersebut ke Bawaslu Kabupaten Ciamis, dengan harapan agar segera ditertibkan.

“Kami dari Panwascam itu hanya sebatas melaporkan ke Bawaslu, nantinya Bawaslu yang menindak lanjuti ke pihak Satpol PP untuk menertibkan. Karena leading sektor untuk penertiban itu ada di Satpol PP,” terangnya.

Tohaji juga menambahkan masih banyak pemasangan APK yang telah melanggar aturan, baik itu aturan perda K3 maupun undang-undang pemilu.

“Salah satunya banyak APK yang di pasang di pohon-pohon di sekitar jalan, dan itu juga menjadi salah satu catatan tersendiri buat kami,” terangnya.

BACA JUGA: Sebuah Rumah di Kecamatan Baregbeg Ambruk

Lanjut Tohaji, dengan adanya temuan ini pihaknya sangat berharap pihak Satpol PP untuk segera menertibkan APK – APK tersebut.

“Ini juga demi kondusifitas di wilayah Kecamatan Banjaranyar. Apalagi kami selama ini berharap pemilu tahun ini sukses, tanpa adanya ekses,” pungkasnya. (Rizky, Revan/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan