Panwascam Sukadana Beserta Forkopimcam Siap Mengawasi dan Amankan Pemilu 2024

infopriangan.com, BERITA CIAMIS. Tahap demi tahap pemilu telah dilalui, tinggal menghitung hari menuju Pemilu 2024, Panwaslu Sukadana meminta jajaran untuk melakukan pengawasan dalam rangka pencegahan pelanggaran yang terjadi.

Ketua Panwascam Sukadana Yoyo mengatakan, pengawasan sangat penting dimasa tenang jelang Pemilu 2024.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

”Buat kami masa tenang merupakan masa yang harus kita fokus bekerja lebih ekstra, karena tidak menutup kemungkinan peserta bergeliat hingga fajar, kita harus mengawasi. Kita instruksikan ke jajaran untuk patroli pengawasan,” katanya. Sabtu, (09/02/2024).

Yoyo juga mengatakan, masa tenang ini masa paling mendebarkan dan menegangkan, banyak potensi permasalahan yang muncul. Oleh karena Panwas akan lakukan patroli pengawasan.


“Sudah saya instruksikan ke jajaran untuk siaga, ditengah-tengah tahapan yang beririsan dan kegiatan-kegiatan yang kita lakukan, tetap berkoordinasi dalam melakukan tugas pengawasan,” ungkapnya.


Yoyo juga menyampaikan kepada seluruh forkopimcam pada jam 00.00 WIB agar ikut terlibat dalam pembersihan APK, termasuk masyarakat. Selama kampanye sampai masa tenang di Sukadana ada 20 pelanggaran Alat Peraga Kampanye (APK) tapi bisa di selesaikan.

Sementara Kapolsek Sukadana, Ipda H. Dayat Hidayat melalui Babinmas Sukadana, Aiptu Yadi Kusmayadi mengajak jajaran untuk siaga melakukan upaya pencegahan.


“Upaya pencegahan harus kita kedepankan, mulai dari hulu sampai hilir, kita harus kerja full time, alarm pengawasan harus dibunyikan dan dikumandangkan ke semua stakeholder, media dan pemangku kepentingan lainnya,” kata Yadi.

Yadi juga menjelaskan bahwa pengawasan masa tenang membutuhkan fokus pengawasan dari jajaran untuk mencegah terjadinya pelanggaran

”Pengawasan masa tenang itu tidak hanya sekedar money politik, namun kampanye dalam bentuk apapun haram hukumnya, dan akan banyak potensi pelanggaran yang mungkin terjadi, oleh karena itu jajaran kita harus esktra dan fokus dalam melakukan pengawasan,” ungkapnya.

Masih ditempat yang sama Camat Sukadana, Nia Kurniawan menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan tersebut karena dengan diadakannya patroli pengawasan akan minimalisir adanya pelanggaran yang akan terjadi.


“Saya menghimbau kepada jajarannya untuk peka dan tanggap terhadap kondisi- kondisi yang dianggap mencurigakan untuk ditindaklanjuti apakah di sana ada pelanggaran atau tidak,” ucap Nia.


Nia juga mengatakan suksesnya pelaksanaan pemilu bukan tanggung jawab pemerintah tapi tanggung jawab bersama.


“Suksesnya pelaksanaan pemilu tahun 2024 merupakan tanggungjawab kita semua. Mari kita sukseskan pesta demokrasi ini. Jangan  ternoda,” ujarnya.


Terkait bekas APK yang terlah di bersihkan Camat menyampaikan agar masyarakat bisa menggunakan.


BACA JUGA: Tempat Wisata Tonjong Karya Anak Desa Depok Garut


“Silahkan gunakan APK yang telah di bersihkan jangan sampai mengganggu kebersihan dan keindahan,” kata Nia.


Sementara Danramil 1311 Rajadesa, Kapten Arm. Suharto mengatakan siap amankan pemilu 2024 dari awal dan akhir sesuai yang kita harapkan agar waspada terhadap bejalan bencana alam


“TNI siap mengawal pesta demokrasi 2024,” tegasnya. (D A Kurnia/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan