Jalan Ditanami Pohon Pisang Ini Kata Kadis PUPR Ciamis

infopriangan.com, BERITA CIAMIS.
Pasca adanya aksi warga tanam pohon pisang di jalan rusak Cikuman – Ciherang Dusun Wanayasa, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ciamis berikan tanggapannya.

Ketika dihubungi via telepon, Kadis PUPR Kabupaten Ciamis, Andang mengatakan pihaknya membenarkan bahwa sejak tahun lalu, status jalan yang saat ini diinginkan warga untuk dibangun yaitu milik Pemda Ciamis.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

“Jalan yang baru satu tahun diambil alih oleh pemda Ciamis, dengan berdasarkan SK Bupati yang tadinya merupakan jalan desa dirubah nama menjadi ruas Jalan Cikuman – Ciherang  P = 1,000 Km, L = 3,50 m’,” jelasnya. Minggu, 10/03/2024.

Andang juga menambahkan, sebenarnya pemerintah Kabupaten Ciamis sudah berupaya mengalokasikan anggaran guna membangun jalan tersebut, baik itu di usulkan di Banprov, APBD, maupun DAK apalagi kawasan tersebut merupakan kawasan perkotaan.

“Namun saat ini kami belum memiliki titik terang dari mana anggaran untuk membangun ruas jalan tersebut, namun sampai saat ini kami masih tetap berusaha agar pekerjaan jalan itu segera dilaksanakan minimal masuk di APBD perubahan tahun 2024.

“Apalagi sekarang kan yang mau keluar baru anggaran APBD murni, mudah – mudahan di APBD perubahan tahun ini bisa masuk,” ungkapnya.

Andang juga mengatakan, pihaknya mengaku akan secepatnya mengunjungi lokasi jalan tersebut guna melihat secara langsung kondisi jalan yang saat ini sedang ramai di perbincangkan.

“Nanti akan saya perintahkan pegawai dari PU untuk terjun ke lokasi, sekaligus bertemu dengan warga sekitar,” tuturnya.

BACA JUGA: Pohon Tua Ancam Sekolah Ditebang Warga

Andang mengatakan, pihaknya juga sangat menyesalkan terhadap sikap dari pemerintah desa setempat yang di anggap kurang sigap dalam berupaya memperjuangkan jalan tersebut. Terlebih menurut informasi yang ia terima, sang kepala desa pun tidak ikut saat melakukan musrenbang tingkat kecamatan dalam rangka upaya mengusulkan beberapa kegiatan pembangunan desa skala prioritas.

BACA JUGA: Warga Kesal Ruas Jalan Trek Cikuman-Ciherang Ditanami Pohon Pisang

“Harusnya kepala desa itu, datang ke kantor dinas membicarakan mengenai keinginan warga tersebut, jangan sampai menunggu ada aksi dahulu. Karena pasti dari kami pun akan ada solusi,” pungkasnya. (Rizky-Revan/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan