Pemanfaatan Sampah Dapat Menjaga Lingkungan Tetap Sehat

infopriangan.com, GAYA HIDUP. Sampah merupakan sesuatu masalah yang sangat mengganggu di masyarakat, begitu pentingnya menjaga hidup sehat, dengan menjaga lingkungan tetap bersih terbebas dari sampah.

Namun, karena kurangnya kesadaran dari masyarakat, yang masih saja membuang sampah tidak pada tempatnya, membuat lingkungan menjadi kotor dan tidak sehat.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Penumpukkan sampah yang terus menerus, jika di biarkan dapat menimbulkan bau yang tak sedap, tidak sedap di pandang dan jika terus di biarkan dapat menimbulkan penyakit bagi masyarakat sekitar.

Untuk itu masyarakat harus lebih aktif lagi dalam menjaga kerbersihan, terutama dari sampah dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, Masyarakat juga bisa memanfaatkan sampah. Seperti dengan cara memilah milih antara sampah organik dan non organik, dan salah satunya manfaat sampah organik seperti dedaunan kering dapat di jadikan pupuk kompos, yang mana itu nantinya dapat bermanfaat dan menguntungkan.

Cara membuat pupuk kompos dari sampah organik yaitu :

  1. Kumpulkan sisa sisa makanan, dedaunan kering dan potongan rerumputan lalu masukan ke dalam wadah kompos.
  2. Pastikan untuk memperhatikan rasio karbon dan nitrogen yang seimbang.
  3. Selanjutnya, putar atau aduk campuran tersebut secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi udara dan mempercepat dekomposisi.

Setelah itu biarkan beberapa minggu atau bulan, sehingga sampah akan berubah menjadi pupuk yang kaya nutrisi, dan kita dapat menggunakannya untuk menyuburkan tanah di kebun atau halaman rumah.

BACA JUGA: Wabup Ciamis Hadiri Acara Scooterist Berbagi Takjil dan Buka Bersama di Kawali

Namun sebelumnya sebelum membuat pupuk organik, jangan lupa selalu memisahkan sampah non-organik nya terlebih dahulu, seperti plastik kaca dan lain sebagainya. (Sari/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan