Ansor Gelar Diskusi Sambil Ngopi di Desa Kertaharja Pangandaran

infopriangan.com, BERITA PANGANDARAN.
Ansor ranting mengadakan kegiatan diskusi sambil ngopi di Desa Kertaharja, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Jumat, (10/05/2024).

Kegiatan diskusi sambil ngopi ini Ansor bersama para sahabat melakukannya secara rutin dalam satu bulan sekali.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Indra mengatakan, diskusi ini dilakukan secara bergiliran di setiap dusun di wilayah Desa Kertaharja. Ia memandang diskusi sambil ngopi ini sering dilakukan oleh para ulama, yang bertujuan menyebarkan ajaran agama ahli sunnah wal jamaah.

Ketua Ansor Ranting Desa Kertaharja Indra Amarulloh menambahkan, Ansor memberikan salah satu peran penting untuk menjadikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Sila ke V ini bisa merata dan bisa merasakan keadilan yang seadil adilnya,” kata Indra, Jumat 10 Mei 2024.

Hal ini menyimpulkan bahwa keadilan dan keadilan sosial bukan hanya milik oleh Sahabat ansor Tapi harus sampai pada masyarakat yang menengah ke bawah. Supaya rasa adil ini bisa di rasakan oleh Umat.

“Untuk mencapai keadilan sosial, diperlukan upaya perubahan struktur yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila sebagai Ideologi Negara. Meskipun keadilan adalah milik Tuhan, manusialah yang harus mengerjakannya, dengan melibatkan peran individu dan masyarakat secara aktif,” ucap Indra.

Namun, dalam praktiknya, keadilan bersifat imperatif kategoris, dimana seseorang harus melakukan keadilan pada dirinya terlebih dahulu sebelum meminta orang lain melakukannya.

“Selain sebagai isu ekonomi, keadilan sosial juga tak dapat dipisahkan dari persoalan hukum dan politik. Dalam konteks Sila ke-V Pancasila, kesadaran pemahaman tentang keadilan selama lebih dari 77 tahun menjadi faktor penting dalam menilai sejauh mana keadilan sosial telah tercapai,” katanya.

Hal ini menyimpulkan bahwa keadilan dan keadilan sosial bukan hanya milik oleh Sahabat ansor, tapi harus sampai pada masyarakat yang menengah ke bawah. Supaya rasa adil ini bisa di rasakan oleh Umat.

Menurutnya Ansor harus mengawal dalam menyelesaikan keadilan, menghargai sesama terkhusus di Desa Kertaharja maupun di Indonesia.

“Kami memandang masih banyak hal yang harus di selesaikan, untuk bisa tercipta keadilan yang sama rata, sama rasa, terkhusus di Desa Kertaharja, baik dalam mengawal proses berjalannya pemerintahan, pemerataan, pembangunan infrastruktur, dan keberlangsungan demokrasi yang murni,” katanya.

BACA JUGA: Garut Segera Dimekarkan Ini Luas dan Jumlah Kecamatan Tiap Kabupaten

Sedangkan, Desa kertaharja memiliki penduduk mencapai 4062 Jiwa dan 1200 pemuda. Menurutnya paling banyak di antara beberapa desa di Kecamatan Cimerak.

“Mudah-mudahan adanya rutinan diskusi ini bisa merubah tatanan yang lebih progresif, konperhensif dan berkemajuan, baik sekala lokal maupun internasional,” ujarnya. (QMP/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan