Wahana Batu Peti, Destinasi Wisata Baru di Kota Banjar

infopriangan.com, PARIWISATA. Keberadaan Wahana destinasi wisata Situ Batu Peti kini mulai di lirik para pengunjung yang datang dari berbagai kalangan, dengan memadukan wisata hiburan dan alam sangat serasi membuat para pengunjung di manjakan dengan sejuknya alam situ Batu peti. Destinasi wisata wahana Situ Batu Peti sendiri berada di wilayah, Dusun Muktiasih, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Belum lama ini Situ Batu Peti resmi di buka untuk umum, acara peresmian dilangsungkan bertepatan dengan hari jadi Desa Sukamukti yang ke-18. Acara persemian di hadiri ratusan peserta pengunjung yang penasaran dengan eloknya wisata Situ Batu Peti.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Di sela sela peresmian wahana Situ Batu peti Kepala Desa Sukamukti Budi Haryono mengatakan bahwa Situ Batu Peti adalah Situ buatan, yang awal nya adalah rawa dan sawah yang luasnya 4.200 meter persegi ini diubah menjadi sebuah situ atau danau buatan yang menyajikan keindahan.

“Awal nya ini dulu nya rawa dan sawah, karena ini merupakan aset Desa maka kami sepakat untuk merubah nya menjadi Situ (Danau) bisa jadi destinasi wisata yang akan menghidupkan perekonomian buat Desa kami,” kata Budi, Minggu, (12/5/2024).

Lanjut Budi tujuan di bagian destinasi wisata Situ Batu Peti selain menjadikan pusat hiburan buat masyarakat, keberadaan Situ Batu Peti diharapkan akan menjadi sumber pasokan PAD Desa Sukamukti termasuk meningkatkan perekonomian bagi masyarakat khususnya masyarakat Dusun Mukti Asih.

“Dengan adanya wahana Situ Batu Peti di harap kan selain jadi sumber PAD Desa juga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar wahana,” ujar Budi lagi.

Dengan di bukanya Wahana Situ Batu Peti menjadi pusat hiburan murah meriah bagi para pengunjung, untuk masuk ke wahana Situ Batu Peti pengunjung cuma di tarif sebesar tiga ribu rupiah dan untuk menikmati bebek goes pengelola wahana memasang tarif sepuluh ribu rupiah.Bagi pengunjung yang ingin menikmati Nasi Liwet bersama keluarga juga masyarakat menyediakan bisa di pesan langsung.

Salah satu pengunjung Endang warga Cikabuyutan mengungkapkan bahwa destinasi wahana Situ Batu Peti sebuah destinasi yang murah sekaligus membuat pengunjung di manjakan dengan pesona alam yang indah.

“Tempatnya keren, di padukan dengan pemasangan alam yang indah, cuma tinggal di tambah lagi dengan permainan lainya sehingga banyak alternatif pilihan saat berkunjung,” katanya.

Selain bebek goes bagi para pecinta alam juga, di sediakan Camping Ground, termasuk disediakan jalur joging track yang bisa menjadi alternatif saat berkunjung.

Sule selaku Ketua RW di Dusun Mukti Asih sangat mendukung degan apa yang telah di lakukan oleh pemerintah Desa Sukamukti, yang mana dengan adanya wahana Situ Batu Peti bisa menambah penghasilan bagi masyarakat sekitar yang nota bene kebanyakan masyarakat sekitar adalah petani.

BACA JUGA: AHS Berikan Reward Kepada Atlet Pencak Silat Kota Banjar

“Alhamdulillah dengan adanya wahana Situ Batu jadi menambah penghasilan bagi masyarakat kami, dan secara tidak langsung meningkatkan perekonomian di dusun kami,” ungakp Sule.

Di wilayah Desa Sukamukti tidak hanya menyediakan wahana Situ Batu Peti saja ada juga wisata religi yang sangat terkenal yaitu wisata Dalem Kanjuruhan, dan wisata keramat Batu peti, sebuah Batu yang bentuknya persis menyerupai Peti. (Johan/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan