Ribuan Masyarakat Antusias Saksikan GEC

infopriangan.com, BERITA CIAMIS. Galuh Ethnic Carnival (GEC) yang merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ciamis setiap tahunnya kembali digelar pada Selasa (11/06/2024). Acara ini menyajikan hiburan dan pengetahuan tentang kekayaan kesenian di Tatar Galuh Kabupaten Ciamis.

Helaran ini menampilkan berbagai kesenian arak-arakan yang berkembang di Kabupaten Ciamis, memamerkan keunikan, nilai artistik, dan keeksotisan seni kepada masyarakat lokal dan luar daerah. Acara ini menjadi media promosi untuk memperkenalkan seni budaya, industri kreatif, dan perdagangan di Kabupaten Ciamis dengan menampilkan ciri khas potensi daerah.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Galuh Ethnic Carnival tahun ini adalah bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-382. Antusiasme masyarakat dari berbagai kalangan tahun ini tidak kalah dengan tahun-tahun sebelumnya.

Arak-arakan GEC dimulai dari Kantor Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis di Jalan Iwa Kusumasomantri, menuju Jalan Samuji ke Stadion Galuh, kemudian ke Gayam, Jalan HOS Cokroaminoto, dan Jalan Tentara Pelajar. Titik akhir arak-arakan berada di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, yang menampilkan pertunjukan kesenian dari berbagai kecamatan dan disaksikan oleh Pj. Bupati Ciamis, unsur Forkopimda, Sekda Ciamis, para Kepala SKPD, dan seluruh masyarakat yang memadati halaman pendopo.

Pj. Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna mengungkapkan harapannya agar kebudayaan dan kesenian di Kabupaten Ciamis dapat lebih dikenal oleh seluruh masyarakat dan muncul di tingkat provinsi bahkan nasional.

“Mudah-mudahan ke depannya kebudayaan dan kesenian dari Ciamis selain dikenal oleh masyarakat juga dapat dimunculkan di kancah lebih tinggi lagi,” terangnya.

Beliau juga mengajak seluruh masyarakat dan para penggiat budaya untuk lebih mempromosikan kebudayaan dan kesenian milik Ciamis.

“Kalau bukan kita orang Ciamis siapa lagi,” pungkasnya.

Sekretaris Daerah Ciamis Andang Firman Triyadi menyebutkan bahwa GEC ini merupakan gelaran ke-5 yang diselenggarakan oleh Pemkab Ciamis. Ia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah antusias pada kegiatan tersebut.

BACA JUGA: Seni Buhun Karinding Bikin Merinding

“Pada GEC yang kelima ini merupakan pesta rakyat dan juga untuk rakyat, mudah-mudahan ini menjadi hadiah dalam menyambut Hari Jadi Ciamis ke-382 yang berasal dari seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Sekda Andang juga menyebutkan bahwa jumlah kesenian yang terlibat dalam GEC ada 22 jenis, seperti Wayang Landung Panjalu, Pontrang Cimaragas, Mengmleng Winduraja, Mabokuy Rajadesa, Bebegig Sukamantri, Singa Lugay Sukadana, Buta Kararas Panjalu, dan Barongan dari Purwadadi. Selain itu, ada juga seni dari luar daerah seperti Wayang Geugeus dari Kota Banjar, seni Raja Dogar dari Kabupaten Garut, serta Marching Band Gita Satya Bahari dan Liong AKMI Suaka Bahari dari Cirebon. (Sari/infopriangan)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan