Disdik Ciamis Gelar Lokakarya Komunitas Sekolah Penggerak

infopriangan.com, BERITA CIAMIS. Bertempat di Aula SMPN 2 Ciamis Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menyelenggarakan Lokakarya Komunitas Belajar Program Sekolah Penggerak Angkatan Kedua. Sabtu, (07/09/2024).

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari BBGP Provinsi Jawa Barat, fasilitator BBGP, fasilitator Dinas Pendidikan, Kadisdik Ciamis Erwan, Kabid GTK, Tetet, Kasi PTK Paud, Tata, serta peserta lokakarya yang terdiri dari penilik, pengawas, kepala sekolah, dan 212 guru dari 56 Sekolah Penggerak di Kabupaten Ciamis.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Dalam sambutannya, Kadisdik Ciamis, Erwan, menyatakan bahwa pendidikan saat ini menjadi prioritas pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Pengelolaan pendidikan dilakukan melalui serangkaian kegiatan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, motivasi, pengendalian, dan pengembangan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan pendidikan.

Erwan juga menekankan pentingnya perangkat sumber daya manusia yang kompeten, seperti guru, kepala sekolah, pengawas, dan penilik, dalam mendukung peningkatan kompetensi guru dan peserta didik.

“Program Sekolah Penggerak diharapkan mampu mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, guna menciptakan profil pelajar Pancasila,” kata Erwan.

BACA JUGA: Tim Pemenangan Hj. Nurhayati Efendi dan H. Muslim Edukasi Relawan

Menurut Erwan, komunitas belajar merupakan bagian dari program Merdeka Belajar yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan membangun budaya belajar bersama yang berkelanjutan, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik.

“Komunitas belajar harus menjadi sarana bagi guru untuk terus meningkatkan kompetensi, berbagi praktik baik, dan menyelesaikan masalah pembelajaran secara bersama, dengan fokus utama pada pembelajaran yang berpusat pada siswa,” pungkasnya. (Kusmana/infopriangan.com)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan