Pelestarian Budaya di Desa Saguling Baregbeg

infopriangan.com, BERITA CIAMIS.
Di Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, menggelar sebuah acara budaya bertajuk “Ngarumat Jagat Bebenah Lembur” di Situs Keramat Tilu. Selasa, (17/09/2024).

Acara ini turut hadir muspika, tokoh pemuda, dan masyarakat setempat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan budaya dan tradisi desa dalam bentuk yang kreatif dan inovatif, tanpa mengubah nilai-nilai esensial yang sudah ada sejak lama.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Juru kunci Situs Keramat Tilu, Dede Mukhlis, menjelaskan bahwa acara ini terselanggara sebagai upaya untuk menjaga dan melindungi potensi yang ada di desa.

“Tujuan utama dari acara ini adalah untuk melindungi keberagaman potensi yang ada di desa budaya, sambil tetap menjaga nilai-nilai esensial yang tidak boleh berubah,” jelas Mukhlis.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini tidak hanya sekadar pagelaran budaya, tetapi juga menjadi wadah ekspresi kreatif dan inovatif bagi masyarakat, khususnya generasi muda, untuk lebih mengenal dan menghargai warisan leluhur mereka.

Selain sebagai sarana pelestarian budaya, acara “Ngarumat Jagat Bebenah Lembur” juga sebagai ajang pembinaan. Mukhlis menekankan bahwa acara ini berharap dapat menjadi media untuk mempromosikan budaya desa kepada khalayak yang lebih luas.

“Pagelaran ini juga menjadi sarana pembinaan dalam bentuk fasilitas penyelenggaraan event dan kompetisi untuk mempromosikan serta mengukur tingkat kemajuan Kalurahan Budaya,” tambahnya.

Kegiatan ini berharap mampu memberikan dampak positif bagi semua lapisan masyarakat, baik secara sosial maupun ekonomi. Dengan melibatkan banyak pihak, acara ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga menjadi sarana pendidikan dan pengembangan kreativitas masyarakat desa.

Mukhlis juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak-pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara tersebut, khususnya kepada Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis yang telah memberikan dukungan penuh.

BACA JUGA: Amalan Puasa Sunah Tiga Hari Ayyamul Bidh 13, 14, dan 15

“Saya sangat berterima kasih kepada Disbudpora Kabupaten Ciamis yang telah mendukung dan memberikan fasilitas bagi acara gelar budaya ini. Dukungan mereka sangat berarti untuk kesuksesan acara ini,” ungkap Mukhlis.

Acara “Ngarumat Jagat Bebenah Lembur” ini bisa menjadi agenda tahunan yang konsisten dalam rangka melestarikan tradisi lokal. Selain itu, Mukhlis berharap kegiatan ini dapat terus memberikan manfaat bagi masyarakat dan menjaga semangat gotong-royong di Desa Saguling, khususnya dalam hal pelestarian budaya dan tradisi yang kaya di daerah tersebut. (Eddy Supriatna/infopriangan.com)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan