Pelepasan KKN Universitas Galuh Ciamis Tahun Akademis 2023-2024

infopriangan.com, BERITA CIAMIS. Pj Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna, secara resmi melepas peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Galuh Ciamis untuk periode kedua tahun akademis 2023-2024. Acara tersebut berlangsung di halaman pendopo Ciamis,

Pj Bupati Ciamis melalui Staf Ahli Administrasi dan Sumber Daya Manusia menjelaskan bahwa tema KKN kali ini adalah “Peningkatan Kapasitas Masyarakat Melalui Optimalisasi Sumber Daya Alam dan Penguatan Budaya Lokal.” Tentunyq hal itu sangat sesuai dengan kondisi geografis dan sosial di Kabupaten Ciamis. Menurutnya, keberadaan mahasiswa di tengah masyarakat diharapkan dapat memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

“Saya berharap program yang dilaksanakan perguruan tinggi melalui KKN dapat diorientasikan pada penyiapan sarjana yang siap mendampingi masyarakat dalam implementasi tri dharma perguruan tinggi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Staf Ahli juga mengingatkan peserta KKN tentang peran penting mereka dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap permasalahan sosial. Senin, (24/09/2024).

Ia menekankan bahwa mahasiswa harus menjadi agen perubahan yang mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah di masyarakat.

“Mahasiswa diharapkan untuk lebih meningkatkan empati terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat,” lanjutnya.

Selama KKN, mahasiswa akan dibimbing oleh dosen dan dosen pembimbing lapangan. Hal ini diharapkan dapat membantu mahasiswa mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Ciamis.

Staf Ahli menambahkan bahwa masukan dari mahasiswa bisa sangat berharga untuk perbaikan pemerintah daerah di masa depan.

“Kami berharap mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan masyarakat,” tuturnya.

Dalam acara tersebut, peserta KKN juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan harapan mereka.

Salah satu mahasiswa mengatakan, Kami merasa antusias untuk terlibat langsung dengan masyarakat dan berharap dapat memberikan dampak positif.

Staf Ahli menekankan pentingnya kolaborasi pentahelik melibatkan pemerintah, masyarakat, akademisi, dan sektor swasta dalam mencapai tujuan pembangunan. “Melalui kolaborasi, kita dapat mencapai hasil yang lebih baik untuk masyarakat,” ujarnya.

Seiring dengan pelaksanaan KKN ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya belajar, tetapi juga memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat.

Staf Ahli juga menyampaikan harapannya agar mahasiswa mampu membawa perubahan positif dan menjadi teladan di lingkungan mereka. “Proses ini bukan hanya tentang memberikan, tetapi juga tentang belajar dari masyarakat,” tegasnya.

BACA JUGA: Polisi Tasikmalaya Ungkap Kasus Pembunuhan Dalam Karung

Melalui program KKN ini, diharapkan para mahasiswa Universitas Galuh Ciamis dapat mengembangkan keterampilan dan kepekaan sosial yang tinggi. Dengan demikian, mereka tidak hanya akan menjadi lulusan yang berkualitas, tetapi juga individu yang mampu berkontribusi secara aktif dalam pembangunan masyarakat.

Dengan semangat tersebut, pelepasan KKN Universitas Galuh Ciamis kali ini menandai awal dari perjalanan yang penuh tantangan dan peluang bagi mahasiswa untuk berkontribusi dalam pengembangan kapasitas masyarakat di Ciamis. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak yang positif dan berkelanjutan bagi masyarakat serta menjadi bagian penting dalam pencapaian visi pembangunan daerah. (Rini/infopriangan.com)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan