Hujan Deras, Tanggul Sungai Citalahab Jebol

infopriangan.com, BERITA CIAMIS. Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Pamarican, dan sekitarnya, membuat tanggul Sungai Citalahab kembali jebol.

Lokasi itu berada di Blok Sumber, Dusun Kubangpari, Desa Bangunsari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Jebolnya tanggul tersebut sudah terjadi beberapa kali di musim penghujan Tahun ini. Pemerintah Desa Bangunsari, bersama warga masyarakat setempat, hanya bisa melakukan perbaikan sementara dengan menambal tanggul menggunakan karung berisi pasir atau tanah.

“Belum ada penanganan yang sifatnya permanen selama ini baru bersifat sementara,” kata Ketua Karang Taruna Desa Bangunsari, Haris Purnomo. Sabtu, (28/03/2020).

Haris, menjelaskan jebolnya tanggul Sungai Citalahab ini yang ketiga kalinya, diduga akibat hujan deras yang mengguyur beberapa kecamatan yang berada di sekitar sungai citalahab.

“Sehingga debit air Sungai Citalahab tinggi,” ujarnya.

Lanjut Haris, pihak pemerintah Desa Bangunsari, sudah berulang kali melaporkan kejadian tersebut, baik ke Pemda Ciamis, maupun ke pihak BBWS Citanduy.

Namun hingga kini belum ada tindakan untuk penanganan jangka panjang, atau perbaikan secara permanen.

Warga masyarakat, disekitar Sungai Citalahab, yang jebol tersebut berharap adanya langkah-langkah penangan yang serius dari pihak Pemda Ciamis, maupun pihak BBWS Citanduy.

“Tanggul ini sudah berulang-ulang, namun pihak Pemda Ciamis, maupun pihak BBWS Citanduy, belum melakukan dan mengambil langkah-langkah perbaikan secara permanen,” tegasnya.

Menurut Haris, kondisi tanggul Sungai Citalahab sendiri, semakin hari semakin kritis, sehingga rawan jebol sewaktu-waktu saat turun hujan.

Kondisi tersebut membuat pihak Pemdes Bangunsari kewalahan, dan prihatin, karena pemukiman penduduk dan lahan petani warga yang menjadi korbannya.

Haris, berharap pada pihak Pemda Ciamis, dan pihak BBWS Citanduy, selaku instansi yang berwenang, untuk segera melakukan langkah konkrit. Pasalnya, setiap musim hujan selalu saja tanggul Sungai Citalahab ini jebol. (Baehaki Efendi/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan