Menelisik Alam Mistik Galuh

infopriangan.com, TELISIK OPINI. Menerjemahkan kata Galuh setiap orang punya tujuan yang tidak terlihat. Tapi mereka yang melakukan perjalanan ruhani lewat tirakat berat itu muara akhirnya sukses. Ada yang sukses dalam karir, bisnis, jabatan, kepemimpinan dan kekayaan. Kemudian bagi yang akan menimba ilmu sepuh ada jurusan pengobatan, ilmu bela diri, ilmu supranatural dan ilmu filsafat karuhun Galuh.

Dalam lengenda keilmuan kuno, Kerajaan Galuh ada tujuan akhir penyempurnaan perjalanan keilmuan. Setelah mengembara segala penjuru, tahap penyempurnaan di Kerajaan Galuh. Sesuai dengan jurusan yang diambil, disitu pula tempat yang akan dipilihnya. Bagi yang menyempurnakan semua kemampuan akan bertapa di Karangkamulyan. Disini selain bertapa dan berdoa, ritual akhirnya mandi dengan “cai kahirupan” yakni air kehidupan.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Konon air kehidupan ini mengandung tuah dan energi mistik. Siapapun akan kembali netral dan sempurna setelah mandi. Yang belum mengalami pasti tidak bisa merasakan khasiat air para dewa ini. Konon air ini dipercaya bisa memancar aura awet muda walaupun usia tua. Mau Coba?

Selain “cai kahirupanα” ada juga batu peramal. Barangsiapa kuat angkat batu sambil diniatkan hajatnya, sang batu akan memberi isyarat. Jika niatnya dikabul, batu akan terangkat dan ringan. Kalau niat hajatnya tidak dikabul, batu tidak kuat diangkat dari tempatnya.

Disamping batu, ada juga pelataran adu jago Ciungwanara. Ada satu pohon yang bisa diajak bicara. Jika hajatnya dikabulkan, dengan mudah pohon itu dipegang dengan dua tangan. Sebaliknya kalau gagal pegang pertanda hajat tidak dikabulkan. Sekali lagi ini adalah kepercayaan zaman dahulu saat belum ada agama. Boleh dicoba yang penting jangan menyembah dan memuja pohon dan batu.

Jika ada yang bernasib baik, sekumpulan makhluk astral khas Galuh juga bisa ditemukan. Bagi mau pesugihan “makhluk gaib” ini juga bisa dikontrak tenaga buat membantu usaha. Tapi resikonya tanggung sendiri karena selalu ada resiko.(Rio Putra/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan