Tradisi Budaya Nyuguh di Kampung Adat Kuta

infopriangan.com, BERITA CIAMIS.  Kampung Adat Kuta, Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar acara budaya Nyuguh yang merupakan tradisi pada tanggal 25 Shafar setiap tahunnya. Kamis, (22/09/2022).

Kegiatan tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kelancaran dan kenikmatan bagi masyarakat Kampung Adat Kuta.

IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pariwisata dan Ekraf, Badan Riset dan Inovasi Nasional. Kepala Balai Pelestarian Jawa Barat, Dandim 0613 Ciamis, Kepala Disbudpora Ciamis serta tokoh agama dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Ciamis menyampaikan bahwa Kabupaten Ciamis sangat kaya akan budaya leluhur, baik warisan budaya benda maupun warisan budaya tak benda.

“Ciamis kaya dengan warisan budaya, Kadisbudpora sudah melakukan riset. Dimana sekarang sudah ada 1.000 lebih situs warisan budaya benda maupun tak benda,” ucap Wabup.

Wabup menjelaskan budaya Nyuguh tersebut sebagai bentuk rasa syukur warga Kampung Adat Kuta atas hasil panen yang diperoleh dengan diiringi dengan kesenian tradisional setempat.

“Kegiatan ini salah satu warisan budaya yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai warisan budaya tak benda. Maka tugas kita adalah menjaga dan melestarikannya,” jelasnya.

Wakil Bupati Ciamis juga menyerahkan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia atas Budaya Nyuguh dan Gondang Buhun dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI kepada Ketua Adat Kampung Kuta.

BACA JUGA: SEGI Garut Gelar Diskusi Publik Dana Pendidikan https://infopriangan.com/segi-garut-gelar-diskusi-publik-dana-pendidikan/

Ia juga berharap budaya Nyuguh tersebut dapat dijadikan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Ciamis. Sehingga dapat lebih menarik wisatawan lokal maupun regional.

“Dengan ditunjang oleh infrastruktur yang baik, kami berharap budaya Nyuguh dapat menjadi destinasi wisata untuk dapat lebih menarik wisatawan,” pungkasnya. (Fanny R/IP)

Bagikan dengan :
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
IMG-20240923-WA0094
previous arrow
next arrow

Tinggalkan Balasan

error: Konten terlindungi. Anda tidak diizinkan untuk menyalin berita infopriangan